9 Tips Memilih Fotografer Pernikahan Yang Tepat

9 Tips Memilih Fotografer Pernikahan Yang Tepat

Ketika Anda merencanakan pernikahan Anda, setelah tempat & katering, fotografer pernikahan Anda kemungkinan besar akan menjadi bagian terbesar dari anggaran Anda.

Dan memilih yang tepat sangat penting! Sama seperti Anda harus mencintai tempat pernikahan Anda, Anda harus melanjutkan dengan fotografer pernikahan Anda jika tidak, foto-foto itu tidak akan terlihat luar biasa!

Berikut di bawah ini team PreweddingBali.Com akan membagikan beberapa tips memilih fotografer

1. Tentukan Gaya Fotografer Pernikahan

Sekarang kami tidak tahu tentang Anda, tetapi semua deskripsi tentang fotografer pernikahan seringkali sangat membingungkan saya!

Namun, ini adalah langkah pertama Anda – putuskan gaya fotografer pernikahan yang anda inginkan di hari pernikahan

Pikirkan foto santai yang bagus yang menunjukkan emosi hari itu. Fotografer pernikahan jenis ini pada dasarnya membuat cerita naratif & memori hari Anda dengan sedikit intervensi

2. Riset, Riset, Riset!

Jika hal di atas belum membuat Anda terpesona, saran terbaik saya adalah melihat-lihat gaya yang berbeda dan melihat mana yang paling terasa seperti ‘Anda’.

Kunjungi Instagram atau yang lainya. Anda mungkin menemukan bahwa Anda tertarik pada photographer pernikahan tertentu, atau gaya tertentu.

Mungkin Anda bisa memberikan daftar hal-hal penting yang Anda inginkan dari fotografer pernikahan Anda.

3. Tentukan Anggaran

Dalam menetapkan anggaran untuk pernikahan Anda di muka. Termasuk di dalamnya adalah jumlah untuk fotografer pernikahan Anda. Jelas, ini akan fleksibel berdasarkan apakah foto Anda penting bagi Anda.

Jika itu adalah prioritas, harap diingat bahwa itu akan menjadi kenangan abadi di hari pernikahan Anda. Saya telah melihat begitu banyak orang yang menyesal tidak menghabiskan lebih banyak uang untuk foto pernikahan mereka.

Ingat, murah tidak selalu yang terbaik. Tidak mungkin Anda akan mendapatkan fotografer pernikahan untuk sehari penuh dengan harga murah, kecuali mereka baru atau belajar fotografi.

Baru bisa menjadi hal yang baik karena mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan segalanya dengan benar – pada saat yang sama, mereka tidak akan memiliki katalog belakang pekerjaan untuk Anda lihat.

Anda harus membayar lebih mahal  untuk fotografer pernikahan yang sudah mapan. Ingatlah bahwa harga ini adalah untuk mempekerjakan seseorang (atau 2 orang) sepanjang hari, serta waktu pengeditan, waktu persiapan, peralatan, dan keahlian mereka.

4. Dimana Menemukan Photographer Pernikahan Anda

Sekarang Anda telah melakukan riset tentang gaya yang berbeda – di mana Anda mulai menemukan fotografer pernikahan Anda! Sepertinya Anda belum pernah bertemu dengan fotografer pernikahan sebelumnya.

  • Rekomendasi – selalu bagus jika Anda memiliki teman & keluarga baik yang baru saja menikah
  • Pameran pernikahan – ini merupakan kesempatan besar untuk bertemu langsung dengan fotografer masa depan Anda (Anda juga dapat terjun ke pameran pernikahan virtual saat ini)
  • Situs direktori pernikahan – titik awal yang bagus karena situs tersebut sering menyertakan pratinjau gambar, sehingga Anda dapat mengetahui seperti apa gambar tersebut
  • Rekomendasi tempat – Senang rasanya memiliki fotografer yang pernah bekerja di tempat Anda sebelumnya, tetapi Anda tentu ingin foto Anda sama dengan milik orang lain. Juga, beberapa tempat meminta vendor pernikahan untuk masuk dalam daftar yang mereka
  • Google – Saya suka Google sebagai sumber daya tetapi tidak begitu baik dalam menemukan permata asli di area pernikahan tertentu untuk menjadi yang teratas dalam hasil pencarian Anda – hanya karena mereka berada di bagian atas daftar pencarian Anda tidak berarti mereka tepat untuk Anda!

5. Kumpulkan Daftar Pendek Fotografer Pernikahan Anda

Setelah semua hal di atas, Anda perlu mengumpulkan daftar pendek 2-3 fotografer pernikahan yang Anda tertarik untuk bergabung di hari pernikahan Anda. Selalu periksa yang berikut ini:

  • Mereka tersedia pada tanggal pernikahan Anda. Jika Anda belum memilikinya, pahami tanggal berapa yang mereka miliki gratis di sekitar hari pernikahan potensial Anda
  • Anda telah memeriksa situs web mereka sebelumnya
  • Anda telah melihat ulasan di Facebook atau Google
  • Anda memahami harga mereka dan apa saja yang disertakan

6. Mengenal Mereka

Mereka akan bersama Anda di salah satu hari terpenting dalam hidup Anda, jadi Anda harus melanjutkannya.

Jika Anda tidak tahan melihat mereka, meminta mereka mengikuti Anda sekitar 9-10 jam pada hari pernikahan Anda tidak akan berhasil!

Atur untuk bertemu, atau lakukan pertemuan virtual, dengan daftar pilihan Anda – terkadang melalui Skype jika mereka bukan orang lokal, terkadang secara langsung,

Terkadang di tempat pernikahan Anda – lakukan apa pun yang tepat untuk Anda! Bagaimanapun juga, Anda adalah pelanggan!

Tips terbaik saya – Pergilah dengan firasat Anda – jika rasanya tidak benar, mereka mungkin bukan fotografer pernikahan yang tepat untuk Anda.

Pertanyaan Untuk Diajukan Kepada Fotografer Pernikahan Anda

  • Sudah berapa lama mereka menjadi photographer pernikahan?
  • Apa yang dapat Anda harapkan dari mereka sebagai fotografer pernikahan Anda? Bagaimana hari kerja?
  • Cari ide yang Anda miliki untuk foto tertentu – dapatkah mereka menyampaikannya?
  • Mintalah untuk melihat galeri pernikahan lengkap – bukan hanya yang dipilih di situs web mereka
  • Apa yang terjadi jika mereka jatuh sakit pada hari itu?
  • Siapa yang akan memotret? Apakah mereka atau mereka memiliki tim fotografer?
  • Rata-rata, berapa banyak foto yang akan Anda dapatkan?

7. Apa Saja Yang Termasuk Dalam Paket Fotografer Pernikahan Anda?

Item Kunci Untuk Diperiksa

  • Berapa jam photographer Anda akan hadir?
  • Apakah itu termasuk semua gambar digital tanpa logo di atasnya? Atau apakah ini ekstra?
  • Aspek-aspek apa pada hari itu yang akan mereka bahas? Misalnya Mempelai wanita bersiap-siap, pengantin pria bersiap-siap dll. Pastikan semua area yang Anda inginkan disertakan
  • Apakah ada biaya tambahan, misalnya perjalanan, makan di siang hari? Anda harus memberi makan pemasok pernikahan pada hari pernikahan Anda
  • Berapa lama setelah hari pernikahan saya akan menerima foto saya? Ini termasuk apakah fotografer telah setuju untuk memberi Anda beberapa sorotan sebelumnya
  • Periksa konsep kontrak Anda setuju dengan pemahaman Anda tentang paket

8. Apakah Anda Membutuhkan Fotografer Pernikahan Kedua?

Jika Anda memiliki ruang dalam anggaran Anda dan fotografi adalah prioritas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memiliki fotografer kedua.

Ini memungkinkan jauh lebih banyak untuk diambil sepanjang hari dan seringkali itu satu-satunya cara Anda bisa mendapatkan foto yang Anda berdua siapkan.

Mereka juga merupakan ide bagus jika Anda memiliki banyak tamu, atau bagaimana Anda akan mengabadikan semua momen itu sepanjang hari.

9. Apakah Anda Membutuhkan Pemotretan Pertunangan Atau Pasangan?

Saya sangat yakin bahwa pemotretan pertunangan adalah ide bagus untuk mengenal fotografer Anda dan membangun kepercayaan diri di depan kamera.

Beberapa fotografer pernikahan menawarkan pemotretan pertunangan sebagai bagian dari paket mereka. Jangan takut untuk memintanya karena ini adalah cara yang bagus untuk memastikan foto hari pernikahan Anda

Itulah beberapa tips memilih photographer pernikahan yang bisa kamu lakukan. Pilihlah fotografer yang terbaik untuk hari pernikahan anda.